Pembaruan 2019 terhadap Tinjauan Strategis Ketahanan Pangan dan Gizi di Indonesia

Penelitian Kebijakan
Latar Belakang 

Pemerintah telah menunjukkan komitmen lebih kuat untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), termasuk menyusun peta jalan untuk mencapai target tersebut, dan sedang memfinalisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2020–2024. Oleh karena itu, kini adalah waktu yang tepat untuk meninjau kembali Kajian Strategis 2015 guna menghasilkan tinjauan komprehensif lebih lanjut. Kajian terkini akan didasarkan pada data dan analisis terkini serta perkembangan terbaru dalam kebijakan dan program ketahanan pangan dan gizi. Kajian ini akan membantu mengidentifikasi perubahan dan celah antara kondisi saat ini, masalah, dan kebijakan yang ada yang harus menjadi fokus nasional dan fokus WFP pada periode 2021–2025 yang akan datang.

Tujuan 

Tinjauan strategis yang diperbarui ini memiliki dua tujuan utama:

  1. Membangun pemahaman yang komprehensif dan terperinci tentang situasi ketahanan pangan dan gizi nasional sejak 2015 dan menguraikan secara garis besar konteks saat ini dalam kaitannya dengan Agenda Pemerintah Indonesia Tahun 2030 dan TPB
  2. Mengidentifikasi peran WFP pada konteks (1)
Metodologi 

Tinjauan ini akan didasarkan pada studi literatur dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan dari kajian pustaka dan dokumen, analisis data sekunder, wawancara mendalam, dan diskusi kelompok terfokus.

Penasihat 
Sudarno Sumarto
Koordinator 
Widjajanti Isdijoso
Anggota Tim 
Sirojuddin Arif
Akhmad Ramadhan Fatah
Ana Rosidha Tamyis
Status 
Selesai
Tahun Penyelesaian 
2020
Pemberi Dana Proyek 
World Food Programme (WFP)

Bagikan laman ini