DKI Jakarta

Indonesia
 

PENELITIAN

KAMI

 

Penelitian ini bertujuan mendapatkan pemahaman lebih baik tentang kesejahteraan lansia dan program perlindungan sosial yang menyasar kelompok ini.

 

PENELITIAN

KAMI

 

Studi ini bertujuan untuk endukung TKPK Provinsi DKI Jakarta melakukan evaluasi variabel dan model untuk pemeringkatan kesejahteraan dalam rangka pengembangan DTKS daerah.

 

PENELITIAN

KAMI

 

Riset terkini memperkirakan bahwa jika tingkat kualitas udara tetap sama dengan saat ini, penduduk Jakarta secara rata-rata akan kehilangan 5,5 tahun dari masa hidup mereka.

Situasi Lansia di Indonesia dan Akses terhadap Program Perlindungan Sosial: Analisis Data Sekunder

Pemerintah Indonesia terus berupaya menyempurnakan sistem perlindungan sosial agar kesejahteraan seluruh warga negara semakin terlindungi sesuai dengan amanat konstitusi. Salah satu elemen masyarakat yang saat ini membutuhkan perhatian secara khusus untuk mendapatkanperlindungan sosial adalah kelompok orang lanjut usia (lansia). Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susesnas) 2019, jumlah penduduk berusia 60 tahun ke atas atau lansia di Indonesia mencapai 25,7 juta orang atau sekitar 9,6 persen dari seluruh populasi.

Perlukah SMP Terbuka di DKI Jakarta Dipertahankan?

SMP terbuka (SMPT) merupakan pendidikan formal alternatif untuk memperluas akses tamatan sekolah dasar (SD) atau sederajat yang mengalami berbagai kendala untuk melanjutkan pendidikan ke SMP reguler. Di Indonesia, SMPT dirintis pada tahun ajaran 1979/1980. Khusus di DKI Jakarta, SMPT diselenggarakan sejak 1990-an, tetapi hingga saat ini upaya memperluas akses terhadap jalur pendidikan ini belum sepenuhnya berhasil dan SMPT belum mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Dampak Pandemi Covid-19 pada Layanan Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA): Studi Kasus di Lima Wilayah di Indonesia

  • Pandemi COVID-19 secara umum menurunkan jumlah kunjungan ke layanan gizi dan kesehatan ibu dan anak (KIA), terutama layanan imunisasi dasar dan penimbangan anak bawah lima tahun, di Kota Jakarta Timur, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Maros, Kabupaten Badung, dan Kota Kupang.
  • Perubahan pelaksanaan layanan gizi dan KIA di lima wilayah tersebut sudah mengacu pada pedoman layanan gizi dan KIA pada masa pandemi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan.
 

PENELITIAN

KAMI

 

Tujuan kegiatan ini adalah menghasilkan rencana besar (grand design), rencana aksi, proses bisnis, dan prosedur operasional standar (SOP) untuk Pengembangan Pengelolaan Data Terpadu untuk Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Studi ini bertujuan mendesain prototipe program pelatihan bagi guru guna mempersiapkan mereka untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam bahan ajar mereka dan mengevaluasi efektivitas desain pelatihan

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Studi tentang program perlindungan sosial bagi penduduk lansia di tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Bali, pada periode April–Juli 2021.

Mendorong Pemutakhiran Berkelanjutan terhadap Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang tidak mutakhir menyebabkan ketaktepatan sasaran dan keterlambatan penyaluran bantuan di awal pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Ketakakuratan data ini terjadi karena tidak semua pemerintah kabupaten/kota melakukan pemutakhiran DTKS secara berkala. Beberapa studi di Brasil menunjukkan bahwa data kemiskinan terpadu yang mutakhir dan berkualitas akan meningkatkan efektivitas bantuan sosial dan berkontribusi lebih besar terhadap upaya percepatan penanganan kemiskinan.

Bagikan laman ini