Tantangan Guru Muda pada Tahun-tahun Pertama Mengajar

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran

Bagi guru muda (yang baru mengawali karier sebagai guru), tahun-tahun pertama mengajar akan menentukan apakah mereka akan terus menggeluti profesi guru atau berganti profesi lain. Pada tahun-tahun pertama mengajar, guru muda bertransisi dari pendidikan guru ke pengalaman mengajar pertama, menjalani pembentukan identitas diri sebagai guru, serta mengalami perkembangan kemampuan mengajar paling pesat dibandingkan tahun-tahun sesudahnya. Lingkungan kerja, rekan kerja, serta kebijakan yang berlaku (mulai dari tingkat pusat hingga sekolah) turut memengaruhi pengalaman guru muda dalam memulai karier mengajar mereka.

Program RISE di Indonesia melakukan studi yang merekam pengalaman serta tantangan yang dihadapi guru muda pada tahun-tahun pertama mereka menjadi guru. Tantangan yang dihadapi para guru ini dapat menjadi bahan evaluasi atau masukan bagi pemangku kepentingan pendidikan guru dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pengembangan kemampuan guru muda di awal karier mereka.

Bagikan laman ini

Penulis 
Ulfah Alifia
Rezanti Putri Pramana
Shintia Revina
Penyunting 
Penerjemah 
Wilayah Studi 
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Topik Penelitian 
Kata Kunci 
guru muda
identitas profesional guru
pembentukan identitas
kebijakan guru
Tipe Publikasi 
Infografik, Poster, dan Lembaran Fakta