Sepadankah Usaha dengan Hasilnya? Mengkaji Efektivitas Pendidikan Guru Prajabatan di Indonesia

Penelitian Kebijakan

Publikasi ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. 

---

Program pendidikan guru yang berdampak dapat membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan efektivitas mereka dalam mengajar. Temuan empiris tentang efektivitas program pendidikan guru menunjukkan bahwa akuntabilitas lembaga dan guru seharusnya tidak hanya didasarkan pada pengetahuan atau keterampilan yang dihasilkan tetapi juga pada pembelajaran siswa. Studi kami bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pendidikan guru prajabatan di Indonesia, atau PPG.

PPG adalah program satu tahun penuh waktu di samping empat tahun pendidikan guru sarjana (Sarjana Pendidikan). Guru lulusan PPG lulus proses seleksi dan menerima sertifikat mengajar setelah menyelesaikan program.

.

Laporan ini adalah bagian dari seri kertas kerja RISE — program penelitian sistem pendidikan berskala besar yang didukung oleh Pemerintah Inggris melalui Department for International Development (DFID), Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), dan Bill & Melinda Gates Foundation.

Bagikan laman ini

Penulis 
Luhur Bima
Ulfah Alifia
Asri Yusrina
Rezanti Putri Pramana
Shintia Revina
Penyunting 
Wilayah Studi 
Nasional
Topik Penelitian 
Kata Kunci 
pendidikan profesi guru
evaluasi program
pengetahuan materi ajar (content knowledge)
pengetahuan pedagogis materi ajar (pedagogical content knowledge)
hasil belajar siswa
Tipe Publikasi 
Kertas Kerja