Bagi guru muda (yang baru mengawali karier sebagai guru), tahun-tahun pertama mengajar akan menentukan apakah mereka akan terus menggeluti profesi guru atau berganti profesi lain. Pada tahun-tahun pertama mengajar, guru muda bertransisi dari pendidikan guru ke pengalaman mengajar pertama, menjalani pembentukan identitas diri sebagai guru, serta mengalami perkembangan kemampuan mengajar paling pesat dibandingkan tahun-tahun sesudahnya. Lingkungan kerja, rekan kerja, serta kebijakan yang berlaku (mulai dari tingkat pusat hingga sekolah) turut memengaruhi pengalaman guru muda dalam memulai karier mengajar mereka.
Program RISE di Indonesia melakukan studi yang merekam pengalaman serta tantangan yang dihadapi guru muda pada tahun-tahun pertama mereka menjadi guru. Tantangan yang dihadapi para guru ini dapat menjadi bahan evaluasi atau masukan bagi pemangku kepentingan pendidikan guru dalam merumuskan kebijakan yang mendukung pengembangan kemampuan guru muda di awal karier mereka.