Menjadi Guru dalam Lensa Kebijakan: Studi Longitudinal dengan Metode Buku Harian tentang Pembentukan Identitas Profesional Guru Muda di Indonesia

Pemantauan, Evaluasi, dan Pembelajaran

Publikasi ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. 

---

Tahun-tahun awal karier seorang guru sangat penting untuk pembentukan identitas profesional mereka—proses yang kompleks untuk menjembatani atribut pribadi mereka dengan tuntutan profesi. Studi ini mengeksplorasi pembentukan identitas guru muda di Indonesia dan berusaha mengidentifikasi berbagai aspek yang membentuk proses ini. Secara khusus, kami mengkaji bagaimana lanskap kebijakan guru di Indonesia saat ini memengaruhi perspektif guru pemula tentang pengajaran dan profesi mereka.

.

Laporan ini adalah bagian dari seri kertas kerja RISE — program penelitian sistem pendidikan berskala besar yang didukung oleh Pemerintah Inggris melalui Department for International Development (DFID), Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), dan Bill & Melinda Gates Foundation.

Bagikan laman ini

Penulis 
Ulfah Alifia
Rezanti Putri Pramana
Shintia Revina
Penyunting 
Wilayah Studi 
Jawa Barat
Jawa Tengah
Jawa Timur
Topik Penelitian 
Kata Kunci 
guru muda
identitas profesional guru
pembentukan identitas
kebijakan guru
Tipe Publikasi 
Kertas Kerja