Mempelajari Apakah dan Bagaimana Inovasi Kebijakan Menyebar

Penelitian Kebijakan
Latar Belakang 

Studi ini adalah bagian dari Program RISE di Indonesia, sebuah program penelitian multinegara berskala besar yang bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran dan memastikan proses belajar-mengajar yang lebih baik bagi semua pihak. Studi ini adalah salah satu komponen dalam Reform Area B dengan tujuan memahami penyebaran kebijakan pendidikan di tingkat kabupaten/kota.

Otonomi daerah memberi ruang bagi pemerintah daerah untuk berinovasi dan menghasilkan kebijakan yang lebih tepat dan efektif untuk menghadapi isu pendidikan di daerah masing-masing. Banyak kebijakan pendidikan yang telah berhasil diimplementasikan di satu wilayah kemudian dimplementasikan di wilayah lain. Namun, karena kebijakan pendidikan di satu daerah bertujuan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh daerah tersebut, penerapannya di daerah lain menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Penyebaran inovasi pendidikan yang berhasil biasanya diiringi pengadaptasian inovasi tersebut ke dalam konteks lokal—dalam praktiknya, tidak banyak pemerintah lokal mengimplementasikan langkah ini.

Proses menghasilkan inovasi pendidikan dan sosialisasinya sangat penting untuk meningkatkan kualitas pemerintah. Dengan memperdalam pemahaman mengenai dua proses ini, kita dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan inovasi atau kebijakan pendidikan di tingkat regional. Selain itu, pemahaman mendalam mengenai proses menghasilkan inovasi pendidikan dan sosialisasinya akan bermanfaat dalam mendesain program sosialisasi yang lebih efektif.

Tujuan 
  1. Memahami inovasi kebijakan pendidikan di beberapa kabupaten;
  2. Menelaah bagaimana inovasi kebijakan pendidikan menyebar.
Metodologi 

Kami menggunakan kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif dalam studi ini. Metode kualitatif digunakan untuk studi diagnostik; dalam studi tersebut, kami mewawancarai pejabat dinas pendidikan di lokasi penelitian untuk mendapatkan informasi komprehensif mengenai motivasi dan proses sosialisasi kebijakan lokal di bidang pendidikan. Setelah itu, kami melakukan survei mengenai sosialisasi kebijakan pendidikan dan melakukan analisis kuantitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi proses pembuatan kebijakan pendidikan di tingkat lokal.

Koordinator 
Delbert Lim
Anggota Tim 
Sirojuddin Arif
Risa Wardatun Nihayah
Status 
Sedang bejalan
Tahun Penyelesaian 
2022
Pemberi Dana Proyek 
RISE Programme didukung oleh Pemerintah Inggris melalui Department for International Development (DFID), Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), dan Bill and Melinda Gates Foundation
Mitra Pengelola 
Oxford Policy Management (OPM) dan Blavatnik School of Government di University of Oxford
Mitra Teknis 
Amsterdam Institute for Global Health and Development (AIGHD) dan Mathematica Policy Research
Topik 

Bagikan laman ini