DI Yogyakarta

Indonesia

Dampak Penggunaan Internet oleh Perempuan Pelaku Usaha Mikro dan Kecil pada Kesejahteraan Rumah Tangga: Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta

SOROTAN

Mendukung Transformasi Digital Usaha Mikro dan Kecil di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Masa Pandemi COVID-19

Internet terbukti membantu usaha mikro dan kecil (UMK) bertahan hidup–tetapi belum berpengaruh dalam meningkatkan kinerja UMK–pada masa pandemi COVID-19. Percepatan transformasi digital perlu mempertimbangkan karakteristik UMK, terutama motivasi bisnisnya. Kebutuhan dan masalah yang dihadapi UMK subsisten berbeda dengan kebutuhan dan masalah yang dihadapi UMK yang berorientasi pada keuntungan.

Situasi Lansia di Indonesia dan Akses terhadap Program Perlindungan Sosial: Analisis Data Sekunder

Pemerintah Indonesia terus berupaya menyempurnakan sistem perlindungan sosial agar kesejahteraan seluruh warga negara semakin terlindungi sesuai dengan amanat konstitusi. Salah satu elemen masyarakat yang saat ini membutuhkan perhatian secara khusus untuk mendapatkanperlindungan sosial adalah kelompok orang lanjut usia (lansia). Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susesnas) 2019, jumlah penduduk berusia 60 tahun ke atas atau lansia di Indonesia mencapai 25,7 juta orang atau sekitar 9,6 persen dari seluruh populasi.

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Studi tentang program perlindungan sosial bagi penduduk lansia di tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Bali, pada periode April–Juli 2021.

Badai yang Sama, Bahtera yang Berbeda: Koping Masyarakat Rentan pada Masa Pandemi COVID-19

Pandemi penyakit koronavirus 2019 (COVID-19) telah menimbulkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan. Menanggapi perubahan tersebut, masyarakat rentan melakukan berbagai upaya koping. Berdasarkan sektor penghidupannya, masyarakat rentan dengan penghidupan di sektor nonpertanian mengalami penurunan pendapatan selama pandemi. Sementara itu, masyarakat rentan di sektor pertanian, seperti petani pemilik lahan dan pemilik usaha pertanian, mampu mempertahankan tingkat pendapatannya.

Menelaah Berbagai Isu dalam Strategi Komunikasi Publik pada Masa Pandemi COVID-19

Pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan pengendalian pandemi penyakit koronavirus 2019 (COVID-19) seiring dengan berfluktuasinya angka kasus COVID-19 sejak awal pandemi. Namun, komunikasi publik oleh pemerintah dalam menangani pandemi kurang efektif, padahal komunikasi efektif sangat penting untuk membangun pemahaman dan kepercayaan, serta mempertahankan persepsi risiko masyarakat.

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Studi ini bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran. 

Bagikan laman ini