Sumatra Barat

Indonesia
 

PENELITIAN

KAMI

 

Penelitian ini menilai keefektifan peningkatan pengetahuan dan tindakan pencegahan infeksi, permintaan vaksinasi yang merata, dan pengurangan keragu-raguan terhadap vaksin.  

Penurunan Kemampuan Siswa atau Peningkatan Hasil Belajar? Hikmah dari Penutupan Sekolah di Indonesia

Publikasi ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. 

---

Tim Program RISE di Indonesia yang meneliti tentang pengaruh pandemi COVID-19 dan penutupan sekolah terhadap hasil pembelajaran siswa di Indonesia menuliskan poin-poin temuannya dalam insight note yang berjudul "Learning Loss or Learning Gain? A Potential Silver Lining to School Closures in Indonesia".

.

Inovasi Pendidikan Daerah di Indonesia: Tinjauan Sosial Budaya

Kebijakan pendidikan di Indonesia bersifat desentralisasi: pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk melakukan inovasi, termasuk dalam membuat kebijakan.⁠ Namun, ternyata tidak semua daerah melakukan inovasi pendidikan.⁠ Program RISE di Indonesia menemukan 3 aspek sosial-budaya yang menentukan bagaimana inovasi lokal didesain dan diimplementasikan di setiap kabupaten/kota: 1) norma kepercayaan di masyarakat; 2) ada tidaknya tradisi kolaborasi di masyarakat dan tingkat elit; 3) partisipasi masyarakat.⁠

Kekuasaan dan Pembelajaran: Bupati, Birokrasi, dan Kebijakan Pendidikan dalam Sistem Politik Desentralisasi di Indonesia

Publikasi ini hanya tersedia dalam Bahasa Inggris. 

---

Kertas kerja ini mengkaji politik kebijakan pendidikan dalam sistem desentralisasi: dalam kondisi apa desentralisasi mendorong kebijakan yang mendukung peningkatan pembelajaran?

Faktor Sosial-Budaya yang Mendorong Inovasi Pendidikan di Daerah: Temuan dari Indonesia

Apa yang mendorong inovasi pendidikan muncul di tingkat lokal? Untuk menjawab pertanyaan ini kami meneliti tiga kabupaten/kota di Indonesia dengan inovasi pendidikan yang cukup baik. 

Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa untuk Menangani Dampak Pandemi COVID-19: Cerita dari Desa

  • Program Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) yang dilaksanakan oleh desa memberi indikasi kemampuan desa dalam mengelola program bantuan sosial secara transparan dan akuntabel.
  • Kunci utamanya adalah musyawarah desa sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi yang berlangsung secara terbuka dan partisipatif.
  • Dibutuhkan kehadiran para pendamping program BLT-DD sebagai aktor yang melakukan verifikasi dan pengawasan terhadap proses demokrasi dalam musyawarah desa.
 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Studi ini bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran. 

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Studi ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran.

Bagikan laman ini