Perekrutan Guru

Latar Belakang 

Studi ini adalah bagian dari Program RISE di Indonesia, sebuah program riset multinegara berskala besar yang bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran dan memastikan proses belajar-mengajar yang lebih baik bagi semua pihak. Studi ini adalah salah satu komponen dalam Reform Area A yang mengevaluasi kebijakan program pilot terkait pengajar dan pengajaran, terutama untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Salah satu tantangan dalam upaya meningkatkan pembelajaran adalah merekrut guru berkualitas. Selama bertahun-tahun, pemerintah terus mengembangkan proses rekrutmen guru untuk memastikan bahwa kandidat terbaiklah yang terpilih. Namun, praktik ini berbeda antarwilayah dan hanya ada sedikit riset mengenai efektivitasnya.

Tujuan 

1. Memahami proses formal perekrutan dan penempatan guru, serta efektivitas implementasinya di lapangan;
2. Mengkaji faktor-faktor lain, seperti faktor politik, sosial, ekonomi, dan siklus pemilu yang berkontribusi pada proses perekrutan dan penempatan guru

Metodologi 

Kami menelaah dokumen hukum mengenai pengelolaan perekrutan dan promosi guru, serta landasan hukum kementerian dan instansi pemerintah sebagai lembaga politik yang relevan dengan fungsi tersebut.

Kami juga melakukan sejumlah wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus (FGD) dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat di tingkat pusat dan lokal, teknokrat dari kantor kementerian pusat, birokrat yang bekerja dengan pemerintah daerah, perwakilan serikat guru, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru PNS, guru kontrak, dan orang tua.

 

Publikasi

  1. Kertas Kerja "The Struggle to Recruit Good Teachers in Indonesia: Institutional and Social Dysfunctions"
  2. Catatan Kebijakan "Strategi untuk Memperbaiki Perekrutan Guru di Indonesia"
  3. Infografik "Perekrutan Guru di Indonesia: Disfungsi Kelembagaan dan Dinamika Sosial"
  4. Seri artikel blog "Cerita Guru"
  5. Video "Perjalanan Karier Guru dalam Sistem Pendidikan Indonesia"

Bagikan laman ini

Koordinator 
Status 
Selesai
Tahun Penyelesaian 
2020
Pemberi Dana Proyek 
RISE Programme didukung oleh Pemerintah Inggris melalui Department for International Development (DFID), Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), dan Bill and Melinda Gates Foundation
Mitra Pengelola 
Oxford Policy Management (OPM) dan Blavatnik School of Government di University of Oxford
Mitra Teknis 
Amsterdam Institute for Global Health and Development (AIGHD) dan Mathematica Policy Research
Jenis Jasa
Topik 
Wilayah Studi