Jawa Timur

Indonesia

Studi Kesiapan Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di 10 Kabupaten

Pandemi COVID-19 telah menyebabkan disrupsi pada dunia pendidikan di hampir seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Sejak Maret 2020, Pemerintah mengambil kebijakan untuk menutup sekolah demi memutus rantai penularan virus corona. Sejak saat itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerbitkan sejumlah kebijakan agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan baik meski di tengah pandemi.

 

PENELITIAN

KAMI

 

Tujuan proyek ini adalah melindungi hak asasi manusia (HAM) kelompok-kelompok rentan dalam masyarakat, termasuk anak-anak, dengan lebih baik.

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Tujuan studi ini aadalah untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan untuk penanggulangan kemiskinan Kabupaten Situbondo selama lima tahun ke depan

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Tujuan utama penelitian ini adalah mengidentifikasi kontribusi program KOMPAK fase kedua melalui bidang akuntabilitas sosial

Mendorong Pemutakhiran Berkelanjutan terhadap Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang tidak mutakhir menyebabkan ketaktepatan sasaran dan keterlambatan penyaluran bantuan di awal pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Ketakakuratan data ini terjadi karena tidak semua pemerintah kabupaten/kota melakukan pemutakhiran DTKS secara berkala. Beberapa studi di Brasil menunjukkan bahwa data kemiskinan terpadu yang mutakhir dan berkualitas akan meningkatkan efektivitas bantuan sosial dan berkontribusi lebih besar terhadap upaya percepatan penanganan kemiskinan.

Studi Layanan Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada Masa Pandemi COVID-19: Seri Kabupaten Sidoarjo

Upaya meningkatkan kesehatan ibu dan anak (KIA) di Kabupaten Sidoarjo terkendala oleh pandemi penyakit koronavirus 2019 (COVID-19). Hingga Desember 2020, kasus COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo cukup tinggi; kabupaten ini bahkan menempati peringkat kedua sebagai kabupaten dengan jumlah kasus COVID-19 tertinggi di Provinsi Jawa Timur. Tingginya jumlah kasus COVID-19 mendorong Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk menerapkan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat demi mencegah penyebaran koronavirus.

Badai yang Sama, Bahtera yang Berbeda: Koping Masyarakat Rentan pada Masa Pandemi COVID-19

Pandemi penyakit koronavirus 2019 (COVID-19) telah menimbulkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan. Menanggapi perubahan tersebut, masyarakat rentan melakukan berbagai upaya koping. Berdasarkan sektor penghidupannya, masyarakat rentan dengan penghidupan di sektor nonpertanian mengalami penurunan pendapatan selama pandemi. Sementara itu, masyarakat rentan di sektor pertanian, seperti petani pemilik lahan dan pemilik usaha pertanian, mampu mempertahankan tingkat pendapatannya.

Menelaah Berbagai Isu dalam Strategi Komunikasi Publik pada Masa Pandemi COVID-19

Pemerintah telah menerapkan berbagai kebijakan pengendalian pandemi penyakit koronavirus 2019 (COVID-19) seiring dengan berfluktuasinya angka kasus COVID-19 sejak awal pandemi. Namun, komunikasi publik oleh pemerintah dalam menangani pandemi kurang efektif, padahal komunikasi efektif sangat penting untuk membangun pemahaman dan kepercayaan, serta mempertahankan persepsi risiko masyarakat.

 

PENELITIAN

KAMI

 

  
Studi ini bertujuan untuk memahami dampak pandemi COVID-19 terhadap gizi dan layanan kesehatan ibu dan anak

Bagikan laman ini