Abdullah Faqih

Peneliti Junior
Tentang 

Faqih adalah peneliti kualitatif junior di The SMERU Research Institute. Isu riset yang ia minati mencakup ekonomi digital, pembangunan ekonomi di kawasan perdesaan, studi gender, dan teori queer, walau tidak terbatas hanya pada isu-isu tersebut. Ia bertanggung jawab atas pengembangan instrumen penelitian, pengumpulan data, dan analisis data primer dan sekunder. 

Faqih memulai karier di SMERU sebagai asisten peneliti pada proyek penelitian Indonesia Digital Skills Landscape di bawah dukungan Digital Pathways at Oxford. Sebelum bergabung dengan SMERU, Faqih adalah asisten peneliti di Jameel Abdul Latif Poverty Action Lab Southeast Asia (JPAL-SEA) pada penelitian tentang pencegahan merokok pada anak dan di Partnership for Governance Reform pada penelitian tentang perlindungan pembela hak asasi manusia (HAM) di sektor lingkungan. Pada 2021, ia juga menjadi peneliti mitra di Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK) untuk penelitian tentang akreditasi pendidikan tinggi di Indonesia. 

Pada 2017, Faqih mengikuti Young Leaders for Indonesia, sebuah program pengembangan kapasitas kepemimpinan yang diinisiasi oleh McKinsey & Company untuk mengakselerasi perkembangan calon pemimpin muda yang menjanjikan dari universitas-universitas terbaik di Indonesia. Pada 2019, ia memperoleh dana hibah penelitian dari Maxima Foundation dan PemimpinID untuk proyek penelitiannya tentang analisis ekonomi politik program pembangunan kawasan industri di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain itu, penelitian tugas akhirnya tentang Islam dan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di Indonesia juga memperoleh predikat outstanding dari dewan penguji dan institusi tempat ia menamatkan pendidikan sarjana.

Keahlian 
Ekonomi politik, pembangunan ekonomi di kawasan perdesaan, studi gender, teori queer
Pendidikan 
Universitas Gadjah Mada – S.Sos., sosiologi

Bagikan laman ini