Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru dalam Jabatan

Latar Belakang 

Studi ini adalah bagian dari Program RISE di Indonesia, sebuah program penelitian multinegara berskala besar yang bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran dan memastikan proses belajar-mengajar yang lebih baik bagi semua pihak. Studi ini adalah salah satu komponen dalam Reform Area A yang mengevaluasi kebijakan program pilot terkait pengajar dan pengajaran, terutama untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Pada 2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan platform daring untuk sebuah program pelatihan guru bernama Guru Pembelajar. Pada 2017, program ini diubah menjadi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Untuk keperluan pemetaan kompetensi profesional dan pedagogi guru, semua guru dalam jabatan di Indonesia diwajibkan mengikuti uji kompetensi guru (UKG). Setelah itu, para guru mengikuti program PKB dengan modul yang dipilih berdasarkan nilai UKG masing-masing. Pemerintah memandang PKB sebagai upaya utama mereka untuk meningkatkan kompetensi guru dalam jabatan baik dalam hal mengajar maupun pengetahuan yang diajarkan.

Tujuan 

1. Mengidentifikasi peran program PKB dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik mengajar para guru;
2. Menentukan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program PKB

Metodologi 

Kami menggunakan kombinasi metode-metode penelitian kualitatif untuk mengumpulkan informasi mengenai desain dan implementasi program PKB dengan berfokus pada pelatihan untuk guru sekolah dasar. Kami mengumpulkan data dengan menggunakan beberapa teknik: wawancara mendalam, diskusi kelompok, diskusi kelompok terfokus (FGD), observasi di kelas, dan analisis atas sesi pelatihan PKB guru dalam jabatan.

 

Publikasi

  1. Kertas Kerja "Systemic Constraints Facing Teacher Professional Development in a Middle-Income Country: Indonesia’s Experience Over Four Decades"
  2. Infografik "Hasil Temuan Studi Diklat Fungsional PKB"
  3. Infografik "Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia: Permasalahan Teknis dan Sistemik"
  4. Artikel Blog "Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Empat Dekade Terakhir di Indonesia: Satu Langkah Maju, Dua Langkah Mundur"

Bagikan laman ini

Koordinator 
Status 
Selesai
Tahun Penyelesaian 
2020
Pemberi Dana Proyek 
RISE Programme didukung oleh Pemerintah Inggris melalui Department for International Development (DFID), Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), dan Bill and Melinda Gates Foundation
Mitra Pengelola 
Oxford Policy Management (OPM) dan Blavatnik School of Government di University of Oxford
Mitra Teknis 
Amsterdam Institute for Global Health and Development (AIGHD) dan Mathematica Policy Research
Jenis Jasa
Topik