Studi ini adalah bagian dari Program RISE di Indonesia, sebuah program penelitian multinegara berskala besar yang bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran dan memastikan proses belajar-mengajar yang lebih baik bagi semua pihak. Studi ini adalah salah satu komponen dalam Reform Area B dengan tujuan memahami dampak kebijakan pendidikan di tingkat kabupaten/kota.
Setelah studi diagnostik yang kami lakukan, kami, bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, mendesain program intervensi bernama Program Peningkatan Peran Aktif Orang Tua dalam Pendidikan Anak yang berlangsung dari Februari 2020 hingga April 2021. Program ini bermaksud memberikan sarana yang diperlukan kepada orang tua untuk membantu pendidikan anak mereka dan menginformasikan tingkat pembelajaran anak mereka dengan memberikan dua jenis informasi: cara bagaimana orang tua dapat lebih terlibat dalam pendidikan anak mereka dan proses belajar anak.
Menelaah apakah memberikan informasi kepada orang tua dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kami menggunakan kombinasi data kuantitatif (uji coba terkontrol secara acak atau randomized control trial/RCT) dan data kualitatif.