Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Penelitian Kebijakan
Latar Belakang 

Studi ini adalah bagian dari Program RISE di Indonesia, sebuah program penelitian multinegara berskala besar yang bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran dan memastikan proses belajar-mengajar yang lebih baik bagi semua pihak. Studi ini adalah salah satu komponen dalam Reform Area B dengan tujuan memahami dampak kebijakan pendidikan di tingkat kabupaten/kota.

Setelah studi diagnostik yang kami lakukan, kami, bersama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, mendesain program intervensi bernama Program Peningkatan Peran Aktif Orang Tua dalam Pendidikan Anak yang berlangsung dari Februari 2020 hingga April 2021. Program ini bermaksud memberikan sarana yang diperlukan kepada orang tua untuk membantu pendidikan anak mereka dan menginformasikan tingkat pembelajaran anak mereka dengan memberikan dua jenis informasi: cara bagaimana orang tua dapat lebih terlibat dalam pendidikan anak mereka dan proses belajar anak.

Tujuan 

Menelaah apakah memberikan informasi kepada orang tua dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Metodologi 

Kami menggunakan kombinasi data kuantitatif (uji coba terkontrol secara acak atau randomized control trial/RCT) dan data kualitatif.

Koordinator 
Florischa Ayu Tresnatri
Anggota Tim 
Niken Rarasati
Asep Kurniawan
Daniel Suryadarma
Status 
Sedang bejalan
Tahun Penyelesaian 
2022
Pemberi Dana Proyek 
RISE Programme didukung oleh Pemerintah Inggris melalui Department for International Development (DFID), Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), dan Bill and Melinda Gates Foundation
Mitra Pengelola 
Oxford Policy Management (OPM) dan Blavatnik School of Government di University of Oxford
Mitra Teknis 
Amsterdam Institute for Global Health and Development (AIGHD) dan Mathematica Policy Research
Topik 
Wilayah Studi 

Bagikan laman ini