Jimmy Daniel Berlianto Oley

Peneliti Junior
Tentang 

Jimmy bergabung dengan SMERU sebagai peneliti kualitatif junior pada 2019. Ia bertanggung jawab mengumpulkan data, menyusun instrumen penelitian, serta membantu penyusunan analisis dan temuan penelitian. Jimmy memiliki ketertarikan pada penelitian yang berkaitan dengan politik kekuasaan dan kerterkaitan antara pembangunan dan perdamaian.

Jimmy mempunyai pengalaman bekerja di beberapa organisasi sosial sebagai pekerja sosial dan peneliti. Ia pernah bekerja sebagai koordinator kampanye dan penggalangan dana untuk Yayasan Rumah Impian Indonesia, sebuah organisasi nonpemerintah lokal di Yogyakata yang berfokus pada pendidikan untuk anak jalanan. Selain itu, Jimmy pernah bekerja sebagai Asisten Peneliti pada Yayasan Institut Pengembangan Suara Mitra di Lombok, Indonesia.

Jimmy menerima dana hibah penelitian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, untuk tesisnya yang berjudul “Relasi Kuasa dalam Perdagangan Senjata di Sudan Selatan 2013–2016”. Pada 2018, artikel Jimmy yang berjudul “Vulnerabilities of Indonesia’s Extractive Industry to Illicit Financial Flows” terpilih sebagai makalah yang dipresentasikan pada acara Anti-Corruption Summit (ACS) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan diterbitkan di Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS milik KPK. Artikel Jimmy lainnya yang berjudul “Klientelisme sebagai Perilaku Koruptif dan Demokrasi Banal” juga dipublikasikan di jurnal yang sama pada 2019.

Keahlian 
Penelitian kualitatif terkait isu politik, pembangunan, dan sosial
Pendidikan 
Universitas Gadjah Mada - S.Sos., hubungan internasional

Bagikan laman ini