Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan

Penelitian Kebijakan
Latar Belakang 

Studi ini adalah bagian dari Program RISE di Indonesia, sebuah program penelitian multinegara berskala besar yang bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran dan memastikan proses belajar-mengajar yang lebih baik bagi semua pihak. Studi ini adalah salah satu komponen dalam Reform Area A yang mengevaluasi kebijakan program pilot terkait pengajar dan pengajaran, terutama untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen telah menjadi standar baru untuk peningkatan kualitas guru dan calon guru di Indonesia. Selain itu, Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru mengamanatkan calon guru bergelar sarjana (S-1 atau D-4) untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan guna meraih kompetensi yang dibutuhkan dan sertifikat pendidik. Program PPG Prajabatan diadakan di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada 2017, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menetapkan standar nasional pendidikan guru melalui Peraturan Kemenristekdikti No. 55 untuk menyetarakan kualitas calon guru yang dihasilkan oleh LPTK. Program PPG Prajabatan yang diadakan oleh LPTK bertujuan memastikan kompetensi dan profesionalisme guru setelah mereka mengikuti program pendidikan profesi berdurasi satu tahun tersebut. Dalam jangka panjang, perubahan jenjang karier guru melalui program PPG Prajabatan juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Tujuan 

Mengkaji dampak program PPG Prajabatan terhadap kualitas calon guru dan kontribusi program ini terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Metodologi 

Kami menggunakan kombinasi metode pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Untuk mengumpulkan data kuantitatif, kami menggunakan instrumen penilaian hasil belajar siswa dan instrumen penilaian guru. Kami juga mengumpulkan data mengenai guru, kepala sekolah, siswa, dan orang tua melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus (FGD).

 

Publikasi

  1. Perkembangan Hasil Studi Evaluasi Program PPG Prajabatan
Koordinator 
Asri Yusrina
Anggota Tim 
Ulfah Alifia
Luhur Bima
Rezanti Putri Pramana
Shintia Revina
Status 
Sedang bejalan
Tahun Penyelesaian 
2022
Pemberi Dana Proyek 
RISE Programme didukung oleh Pemerintah Inggris melalui Department for International Development (DFID), Pemerintah Australia melalui Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), dan Bill and Melinda Gates Foundation
Mitra Pengelola 
Oxford Policy Management (OPM) dan Blavatnik School of Government di University of Oxford
Mitra Teknis 
Amsterdam Institute for Global Health and Development (AIGHD) dan Mathematica Policy Research
Topik 
Wilayah Studi 

Bagikan laman ini