Studi ini adalah bagian dari Program RISE di Indonesia, sebuah program penelitian multinegara berskala besar yang bertujuan mempelajari bagaimana sistem pendidikan di negara berkembang mengatasi krisis pembelajaran dan memastikan proses belajar-mengajar yang lebih baik bagi semua pihak. Studi ini adalah salah satu komponen dalam Reform Area A yang mengevaluasi kebijakan program pilot terkait pengajar dan pengajaran, terutama untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Guru adalah aktor kunci dalam penyediaan layanan pendidikan. Studi ini bertujuan mengeksplorasi kisah nyata guru muda Indonesia di tahun awal mereka bertugas sebagai guru: apa yang mendorong mereka menjadi guru, apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai guru, seperti apa pengalaman pertama mereka mengajar, dan pengalaman lain apa yang mereka miliki selama menjadi guru.
Dalam studinya mengenai permasalahan yang dihadapi guru muda atau pemula, Veenman (1984) menemukan bahwa transisi dari pelatihan guru ke tugas mengajar pertama kali mungkin meninggalkan kesan dramatis atau bahkan traumatis. Hingga kini, belum ada studi di Indonesia mengenai perkembangan guru dari perspektif mereka. RISE ingin merekam pengalaman para guru muda dari perspektif mereka sendiri dalam Catatan Perjalanan Guru Muda pada Tahun-Tahun Awal Menjadi Guru.
Studi ini bertujuan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Kenapa orang muda Indonesia ingin menjadi guru?
2. Bagaimana guru pemula menjalani tahun-tahun awal mereka sebagai guru?
Kami menggunakan metode kualitatif dengan memakai dua instrumen: menulis jurnal dan wawancara melalui telepon.
Publikasi
- Kertas Kerja "A Policy Lens on Becoming a Teacher: A Longitudinal Diary Study of Novice Teacher Professional Identity Formation in Indonesia"
- Infografik "Tantangan Guru Muda pada Tahun-tahun Pertama Mengajar"
- Catatan Kebijakan "Strategi untuk Memperbaiki Perekrutan Guru di Indonesia"
- Seri artikel blog "Catatan Perjalanan Guru"
- Artikel blog "Dukungan pengembangan karier bagi guru di Indonesia sangat lemah dan membuat status ASN hanya jadi “zona nyaman”"
- Video "Perjalanan Karier Guru dalam Sistem Pendidikan Indonesia"